Finland, Selamat Idul Fitri!

Standard

Di Finland/Finlandia lebaran Idul Fitri jatuh di hari selasa 30 Agustus 2011, dan tentu suasananya ga se-euphoric di Indonesia. Biasanya kalian semua diseret famili buat mampir ke rumah mereka, terus dicekokin opor dan ditanyain “KAPAN KAWIN?”. Tapi ga di sini. Doa saya, kalian yang menderita dapet THR yang memuaskan deh :P

Anyway, Idul Fitri di Finland bener2 pengalaman yang baru buat saya. Saya sudah pernah sih lebaran di Singapore tahun 2007 dulu, tapi ga ada apa-apanya dibanding yang ini.

Kok ada balon ijo? Baca lebih lanjut!

The English version of this article could be read here.

Saya dan Si Suami shalat Ied di Turku, sebuah kota yang jaraknya 30km dari Aura, tempat saya tinggal sekarang. Shalatnya diadakan di stadium olahraga, karena di Finland ga ada masjid yang cukup besar yang bisa menampung 300an muslim. Yang pastinya begitu masuk ke tempat shalat, orang Indonesia pasti ngarepnya shaf yang udah rapi kan ya? Nggak di sini. Shaf-nya kacau banget. Ada yang duduk di depan, di belakang dan bikin shaf-nya bolong-bolong, sampe bingung kiblatnya di mana. Ditambah dengan pasukan anak kecil yang semuanya teriak – teriak.

Peserta shalat kebanyakan orang dari Somalia, karena yang mensponsori balon hijau di atas ialah Forum Somalia. Tapi ada juga muslim dari Iran, Afrika, dan mualaf Finland yang biasanya istri orang Turki. Saya sendiri bertemu 2 siswa pertukaran pelajar di Finland dari Indonesia. Nggak ada muslim yang pakai mukena selain orang Indonesia. Saya dan 2 teman saya jadi perhatian di shaf, karena semua muslim shalat hanya memakai pakain takwa (jilbab). Lucunya, ada beberapa di antara mereka yang shalat tanpa kaus kaki. Kalau di Indonesia, sewaktu shalat, kaki harus tertutup mukena atau kaus kaki.

Begitu shalat bakal dimulai, beberapa orang tua yang ngebetein banget bakal ngebarisin anak-anak mereka di antara kamu dan temen kamu. Mereka ga peduli kalau kamu ga bisa gerak pas shalat karena maksain shaf. Kebayang kan pada ngedudukin kaki orang semua pas shahadat? Banyak juga anak kecil yang masih teriak-teriak sewaktu shalat, bener-bener ngeganggu khushuk-nya shalat Ied ini. Kalau di Indonesia, si anak pastinya udah di jewer sama Ibunya. Ga di sini sih, ngejewer dikit aja bisa dibilang Child Abuse :D

Ceramah setelah shalat Ied dilakukan dalam bahasa Arab. Yah ga paham yah, secara taunya cuma bismillah atau alhamdulillah yah :P Akhirnya saya cuma twitteran. Hayo ngaku siapa aja yang twitteran sewaktu ceramah kemaren? Yang lucu, selesai shalat, banyak jamaah yang langsung capcus. Di Indonesia sendiri, ceramah shalat Ied dianggap sama pentingnya dengan shalat Ied itu sendiri. Shalat Ied dianggap nggak lengkap kalau nggak sambil dengerin ceramah.

Foto bareng di stadium. Saya satu-satunya yang ga pake jilbab :P

Selesai shalat, dibagi-bagikan permen dan balon hijau, yang ini biasanya untuk anak-anak. Saya dengan ga tau malu menenteng pulang dua balon hijau. Di balon itu tertulis ‘Hyvää Eid’ yang artinya ‘Selamat Idul Fitri’ lah kira-kira.  Saya mengundang Ria Permana Sari dan Dwi Wanna untuk menikmati Eid Dinner di tempat mertua saya. Setelah itu saya langsung cabut pulang buat maraton masak selama 150 menit. Saya masak Rendang Daging, Opor Ayam dan Nasi Uduk. Untuk dessert-nya, saya bikin Kolak pisang dan Kue Maksuba, kue basah super manis khas lebaran ala Palembang. It was a successful dinner, and I got awesome reviews from the people :D

Kalau biasanya lebaran di Indonesia makannya cenderung sendiri-sendiri atau kapan pun kita mau, di sini Ibu Mertua saya menyiapkan makan malam formal. Meja ditata dengan rapi, berikut seat orders. Bahkan disiapkan lilin juga. Makan malamnya nyaman dan cenderung tenang. Kalau di Palembang, biasanya saya sambil ngegosip. Tapi saya tetep suka dua-duanya kok.

Table Setting

Anyway, Selamat Hari Raya Idul Fitri, semuanya! Mohon maaf lahir dan batin :)

Nb: I will post some of the food recipes later.

Märkä Suukko,

Madame Qikas

Image courtesy of Dwi Wanna, an Indonesian exchange student in Finland :)

6 responses »

    • Ahahah, gajuga, banyak yang dari afsel sih. Cuma mungkin mereka mikirnya lebih afdol kali yak xD

  1. kalo eid kurban nya ada acara juga gak ? kasi tau dong kalo ada acara orang indonesia kumpul2, baru dateng nih, oktober kemarin, asal palembang juga, blum satupun dapet ketemu orang indo*hiks*…

Comment on...

